DepanProfilKontak
arrow ruangpengendali
spacer kodeadmin
spacer
spacer katakunci
spacer
spacer lupakatakunci
spacer daftarbaru

Album Arsip Desain Donlot Produk Profil Kontak




Hakikat Dzikir

Hei guys! Udah sepekan nih kita-kita jalanin puasa. Gimana, ga ada yang jebol kan? Insya Alloh... Cool Well, seperti yang kita semua tau, kalo bulan Ramadhan ini merupakan saat dimana penentuan umat manusia bisa dikategorikan sebagai muttaqin (orang yang bertaqwa) ato ga. Nah, menurut ustadz Muhammad Arifin Ilham, orang yang bisa mencapai derajat taqwa itu manakala dia udah bisa mengimplementasikan hakikat dzikir dalam kehidupan sehari-harinya. Bulan Ramadhan juga momen yg tepat untuk menimbun pahala nih, so memperbanyak dzikir merupakan salah satu keniscayaannya. Yuk kita tengok sedikit makna dzikir menurut beliau. Kedip

Dzikir secara harfiah berarti ingat dan sebut. Ingat adalah gerak hati, sedangkan sebut adalah gerak lisan. Dzikrullah berarti mengingat dan menyebut Alloh. Adapun perpaduan keduanya barulah makna awal dari "khusyuk".

Dzikir sebenarnya terdiri dari 4 (empat) bagian yang saling terikat, tidak terpisahkan, yaitu : dzikir lisan (ucapan), dzikir qalbu (merasakan kehadiran Alloh), dzikir 'aql (menangkap bahasa Alloh di balik setiap gerak alam), dan dzikir amal (taqwa: patuh dan taat terhadap perintah Alloh dan meninggalkan larangan-Nya). Idealnya, dzikir itu berangkat dari kekuatan hati, ditangkap oleh akal, dan dibuktikan dengan ketaqwaan, amal nyata di dunia ini.

Dzikir adalah perintah Alloh subhanahu wa ta'ala kepada orang-orang beriman (QS. Al-Ahzab : 41-42). Maka orang yang beriman adalah orang yang banyak berdzikir. Kurang iman, kurang dzikir. Tidak beriman, tidak akan berdzikir. Berdzikir berarti taat pada perintah Alloh. Praktiknya bisa jadi dalam keadaan berdiri, duduk atau berbaring (QS. Ali Imron : 191), di Masjid (QS. An Nur : 36), Musholla, rumah, kantor, atau jalanan sekalipun. Bisa dilakukan sendiri-sendiri (QS. Al A'raf : 205) atau berjamaah (dalam majelis).

Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam bahkan menyebut majelis dzikir sebagai taman surga. Beliau bersabda,

"'Apabila kalian melewati taman surga, maka bersimpuhlah.' Para sahabat bertanya, 'Apa itu taman surga?' Beliau shollallohu 'alaihi wassalam menjawab, 'Yaitu majelis dzikir.'"
(HR. Ahmad dan At Tirmidzi)

Dzikir adalah pangkal ketenangan dan kedamaian (QS. Ar Rad : 28). Alloh adalah sumber ketenangan dan kedamaian (as-Salam). Maka, untuk mencapai ketenangan dan kedamaian itu jalannya adalah mendatangi sumbernya dan membersamakan diri dengan-Nya. Dzikir itulah jalan pembersamaan (ma'iyyatulloh). Adapun meninggalkan dzikir sama dengan membuka keleluasaan bagi setan untuk menunggangginya (QS. Az Zukhruf : 36), menciptakan kepengapan hidup serta membutakan mata hati (QS. Thaha : 124). Selain sebagai wujud ketaatan, dzikir merupakan identitas utama seorang mukmin (QS. Al Anfal : 02).

Sejatinya, dzikir membentuk pribadi yang bertaqwa. Yaitu amat taat terhadap perintah Alloh dan berjuang maksimal menjauhi larangan Alloh. Orang yang berdzikir sadar betul bahwa ia senantiasa berada di bawah tatapan dan perhatian-Nya.

"'Maukah aku beritahu amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Robb-mu, serta lebih baik dari menerima emas dan perak?' Para sahabat menjawab, 'Ya.' Lalu Nabi shollallohu 'alaihi wassalam berkata, 'Dzikrullah.'"
(HR. Ahmad dan Ibnu Maajah)
"Jama'ah yang duduk berdzikir menyebut nama Alloh pasti dikelilingi malaikat, rahmat akan tercurah pada mereka, ketentraman diturunkan pda mereka dan Alloh menyebut nama mereka pada sesuatu yang berada di sisi-Nya."
(HR. Muslim)

Allohu'alam bish Showab.


Djogja, Tuesday, October 11, 2005 | @ 04:20 am
12 Maret 2008
Sedang mempersiapkan diri untuk pindah rumah maya... mohon do'anya ^_^

Nama :
Blog   :
Pesan :
:) :( :D :p :(( :)) :x

"KITA jarang untuk bersedekah, padahal harta itulah yang akan menolong kita kelak. Kita jarang untuk berbuat baik, padahal kita sama-sama tahu akan ada imbalan dari-Nya nanti. Kita jarang menolong teman dan tetangga dekat, padahal merekalah yang bisa kita minta bantuannya di kala susah."
(Irfan Toni Herlambang)


"MASALAH kebanyakan orang adalah bahwa mereka berpikir dengan harapan atau rasa takut atau keinginan mereka, ketimbang dengan pemikiran mereka."
(Will Durrent)


"SEORANG idealis percaya bahwa jangka pendek tak patut diperhitungkan. Seorang sinis percaya bahwa jangka panjang tak berarti apa-apa. Seorang realis percaya bahwa apa yang dilakukan atau tak dilakukan dalam jangan pendek akan menentukan jangka panjang."
(Sydney J. Harris)


"KEBAHAGIAAN bukanlah sesuatu yang kau alami, tapi sesuatu yang kau kenang."
(Oscar Levant)


"LEBIH baik menangis dengan orang-orang bijak daripada tertawa dengan orang-orang yang bodoh."
(Peribahasa Spanyol)


"KATAKANLAH kepada saya tentang sahabat anda, dan akan saya katakan siapa anda sebenarnya."
(Cervantes)


"ORANG bijak yang berkarib dengan orang jahat akan menjadi bodoh. Seorang anjing yng bertualang dengan orang baik akan berakal budi."
(Peribahasa Arab)


"RUMUS hubungan baik : Anggap semua kekacauan sebagai ujian, tapi jangan anggap ujian seolah-olah hal yang mengacaukan."
(Quentin Crisp)


"JANGAN pernah melupakan kawan lama, sebab kawan baru tak ada sebanding dengannya."
(Apocrypha)


"HIDUP itu lucu. Kalau kita menolak menerima sesuatu, maka ia akan sering mendatangi."
(W. Somerset Maugham)




ARS PERSONAL WEBLOG v4.0
ARS Yahoo! Messenger: golden_pen007
hits
Tamu Online :
Anda adalah tamu ke : sejak 20 Juni 2005

Blogdrive - Free Blog Site
 
Copyright © ARS Creations, 2004-
Made in Djogja, Rajab 1426 H / August 2005 M.