DepanProfilKontak
arrow ruangpengendali
spacer kodeadmin
spacer
spacer katakunci
spacer
spacer lupakatakunci
spacer daftarbaru

Album Arsip Desain Donlot Produk Profil Kontak




Nuzulul Qur'an VS Lailatul Qadar

"Neng, bedanya Nuzulul Qur'an sama Lailatul Qadar tuh apa?" tanyaku selepas santap sahur ketika itu. Pertanyaan itu tiba-tiba mengusik ketika aku sedang berusaha menyelesaikan postingan yang memang sengaja memilih tema Nuzulul Qur'an, yang jatuh hari ini.

"Ga tau deh A', setau ade sih Nuzulul Qur'an itu cuma ada di Indonesia, di luar ga ada tuh perayaan kayak gitu." jawabnya.

"Iya ya, Aa tiba-tiba jadi mikir, kan di Qur'an dibilang kalo Al Qur'an itu diturunin di malam Lailatul Qadar yang waktunya di atas malam ganjil 20, dan ga jelas kapan persisnya. Tapi kok malah ada yang bilang tanggal 17 Ramadhan?"

"Aa... dulu ade pernah denger dari ustadz katanya Nuzulul Qur'an itu cuma di ada-adain sama orang Indonesia, tapi sebenernya emang ga pernah ada tanggal 17 Ramadhan."

Mendapat penjelasan yang 'kurang memuaskan' itu langsung saya tancap gas mencari jawaban di internet. Begitu banyak artikel yang ditawarkan dari Google, namun hampir tidak ada yang menjelaskan seputar sejarah Nuzulul Qur'an. Sampai akhirnya hanya ada dua web yang menyajikan hal itu, Myquran.org dan Indomedia.com, tapi tetap saja belum bisa memuaskan pertanyaanku.

Yang pertama saya dapatkan dari Myquran.org. Disana sedang dibahas tentang persoalan bid'ah-bid'ah Bulan Ramadhan, pemakalah adalah Abu Rara Ibnul Imam. Beliau hanya bilang kalo Nuzulul Qur'an adalah perkara bid'ah sama halnya seperti perayaan Maulid Nabi, Isra Mi'raj, dan sebagainya yang tidak pernah dicontohkan oleh Rosululloh dan para Sahabat, tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Yang kedua dari Indomedia.com. Ustadz Buya KHM Syu'ib bilang bahwa dalam kitab-kitab tafsir dikatakan bahwa Al Qur'an diturunkan dalam 2 tahap. Pertama, Al Qur'an diturunkan semuanya sekaligus dari Lauhul Mahfudz ke Baitul 'Izzah/Samaiddunya (suatu tempat yang agung), itu terjadi pada malam Lailatul Qadar. Dan tahap kedua, diturunkan dari Baitul 'Izzah dengan perantaraan malaikat Jibril dan/secara langsung kepada Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wassalam, secara berangsur-angsur sesuai keperluan atau situasi dan kondisi selama lebih kurang 23 tahun.

Ayat-ayat yang pertama kali diturunkan adalah lima ayat pertama (ayat 1-5) surat Al Alaq dan menurut catatan sejarah, hal itu terjadi pada malam 17 Ramadhan, 14 abad yang silam.

Just it! Lagi-lagi tanpa ada penjelasan lebih lanjut. Apa itu Baitul 'Izzah? Dimana tempatnya? Di Bumi kah? Kalau di Baitul 'Izzah itu masih berada di langit lapis pertama (ingat peristiwa Rosul menerima wahyu yang pertama, ketika itu beliau mendengar suara dari langit yang berkata  'IQRA?), berarti yang dimaksud Lailatul Qadar itu Al Qur'an bukan diturunkan ke Bumi, melainkan masih di lapisan Langit. So, apa artinya selama ini umat muslim mengejar malam Lailatul Qadar itu padahal mereka meyakini bahwa di malam itulah Al Qur'an diturunkan ke Bumi???

Well... satu hal lagi yang masih harus saya cari tahu. Ehm... ato kira-kira apakah ada di antara anda, pembaca yang budiman, dapat menjawab hal ini? Tolonglah... bagi-bagi ilmunya kesini ya... Bahagia


Djogja, Thursday, October 20, 2005 | @ 04:26 am
12 Maret 2008
Sedang mempersiapkan diri untuk pindah rumah maya... mohon do'anya ^_^

Nama :
Blog   :
Pesan :
:) :( :D :p :(( :)) :x

"KITA jarang untuk bersedekah, padahal harta itulah yang akan menolong kita kelak. Kita jarang untuk berbuat baik, padahal kita sama-sama tahu akan ada imbalan dari-Nya nanti. Kita jarang menolong teman dan tetangga dekat, padahal merekalah yang bisa kita minta bantuannya di kala susah."
(Irfan Toni Herlambang)


"MASALAH kebanyakan orang adalah bahwa mereka berpikir dengan harapan atau rasa takut atau keinginan mereka, ketimbang dengan pemikiran mereka."
(Will Durrent)


"SEORANG idealis percaya bahwa jangka pendek tak patut diperhitungkan. Seorang sinis percaya bahwa jangka panjang tak berarti apa-apa. Seorang realis percaya bahwa apa yang dilakukan atau tak dilakukan dalam jangan pendek akan menentukan jangka panjang."
(Sydney J. Harris)


"KEBAHAGIAAN bukanlah sesuatu yang kau alami, tapi sesuatu yang kau kenang."
(Oscar Levant)


"LEBIH baik menangis dengan orang-orang bijak daripada tertawa dengan orang-orang yang bodoh."
(Peribahasa Spanyol)


"KATAKANLAH kepada saya tentang sahabat anda, dan akan saya katakan siapa anda sebenarnya."
(Cervantes)


"ORANG bijak yang berkarib dengan orang jahat akan menjadi bodoh. Seorang anjing yng bertualang dengan orang baik akan berakal budi."
(Peribahasa Arab)


"RUMUS hubungan baik : Anggap semua kekacauan sebagai ujian, tapi jangan anggap ujian seolah-olah hal yang mengacaukan."
(Quentin Crisp)


"JANGAN pernah melupakan kawan lama, sebab kawan baru tak ada sebanding dengannya."
(Apocrypha)


"HIDUP itu lucu. Kalau kita menolak menerima sesuatu, maka ia akan sering mendatangi."
(W. Somerset Maugham)




ARS PERSONAL WEBLOG v4.0
ARS Yahoo! Messenger: golden_pen007
hits
Tamu Online :
Anda adalah tamu ke : sejak 20 Juni 2005

Blogdrive - Free Blog Site
 
Copyright © ARS Creations, 2004-
Made in Djogja, Rajab 1426 H / August 2005 M.