DepanProfilKontak
arrow ruangpengendali
spacer kodeadmin
spacer
spacer katakunci
spacer
spacer lupakatakunci
spacer daftarbaru

Album Arsip Desain Donlot Produk Profil Kontak




Kupas Tuntas I'tikaf (I)

Nah, di sepuluh malam terakhir ini ada satu amalan lagi ni yang kudu kamu lakonin supaya Ramadhan kali ini komplit..plit..plit.. Apaan tuh?! Ya apalagi kalo bukan I'tikaf! Rasane belum plong gitu yah ngeliwatin Ramadhan tanpa I'tikaf. Nah, bagi kamu-kamu yang berniat untuk melaksanakan I'tikaf, langsung aja deh simak baik-baik bekal dibawah ini biar kamu makin MANTAB menjalankannya! James Bond

Kemarin saya kan juga udah sedikit menyinggung tentang makna I'tikaf, sekarang giliran persoalan teknisnya deh yang dibahas. Yuk...simak yuk...

TANYA :

Jika Seseorang ingin I'tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan kapan waktu memulai dan mengakhirinya?

JAWAB :

Mulai I'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan adalah setelah sholat subuh. Sebagaimana diriwayatkan oleh ibunda Aisyah radhiyallohu 'anha:

"Bahwa Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam jika hendak beri'tikaf, beliau sholat Fajar kemudian masuk ke tempat I'tikafnya."
(HR. Bukhari & Muslim)

Mulai I'tikaf juga dapat diawali pada malam ke-21 bulan Ramadhan sebelum tenggelam matahari. Adapun berakhirnya pada saat matahari tenggelam di hari terakhir Ramadhan.


TANYA:

Apa saja yang disunnahkan bagi orang yang beri'tikaf?

JAWAB:

Bagi orang yang beri'tikaf, maka dia disunnahkan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bersungguh-sungguh untuk mengisi waktunya dengan menghidupkan malam dan memperbanyak ibadah seperti tilawah, dzikir, dan lain lain. Sebagaimana yang dilakukan oleh Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam:

    "Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam ketika memasuki sepuluh hari terakhir menghidupkan malam harinya, membangunkan keluarganya dan mengencangkan ikat pinggangnya."
    (HR. Bukhari & Muslim)

    Dan diriwayatkan oleh Muslim:

    "Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam bersungguh-sungguh di sepuluh hari terakhir, sesuatu yang tidak dilakukan di waktu lainnya."

  2. Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam menganjurkan mengisi waktu i'tikaf dengan qiyamul lail, seperti disebutkan dalam hadits:

    "Siapa yang bangun di Lailatul Qadr penuh keimanan dan perhitungan maka diampuni dosa yang telah dilakukannya."

  3. Do'a yang paling utama dibacakan adalah sebagaimana diajarkan Rosululloh shollallohu 'alaihi wassalam kepada Aisyah radhiyallohu 'anha:

    "Ya Alloh sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, dan mencintai pengampunan, maka ampunilah aku."
    (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan An Nasa'i)

Tarhib dan Panduan Ramadhan
DR. Salim Seegaf Al Jufri, MA

.: Bersambung :.


Djogja, Tuesday, October 25, 2005 | @ 04:29 am
12 Maret 2008
Sedang mempersiapkan diri untuk pindah rumah maya... mohon do'anya ^_^

Nama :
Blog   :
Pesan :
:) :( :D :p :(( :)) :x

"KITA jarang untuk bersedekah, padahal harta itulah yang akan menolong kita kelak. Kita jarang untuk berbuat baik, padahal kita sama-sama tahu akan ada imbalan dari-Nya nanti. Kita jarang menolong teman dan tetangga dekat, padahal merekalah yang bisa kita minta bantuannya di kala susah."
(Irfan Toni Herlambang)


"MASALAH kebanyakan orang adalah bahwa mereka berpikir dengan harapan atau rasa takut atau keinginan mereka, ketimbang dengan pemikiran mereka."
(Will Durrent)


"SEORANG idealis percaya bahwa jangka pendek tak patut diperhitungkan. Seorang sinis percaya bahwa jangka panjang tak berarti apa-apa. Seorang realis percaya bahwa apa yang dilakukan atau tak dilakukan dalam jangan pendek akan menentukan jangka panjang."
(Sydney J. Harris)


"KEBAHAGIAAN bukanlah sesuatu yang kau alami, tapi sesuatu yang kau kenang."
(Oscar Levant)


"LEBIH baik menangis dengan orang-orang bijak daripada tertawa dengan orang-orang yang bodoh."
(Peribahasa Spanyol)


"KATAKANLAH kepada saya tentang sahabat anda, dan akan saya katakan siapa anda sebenarnya."
(Cervantes)


"ORANG bijak yang berkarib dengan orang jahat akan menjadi bodoh. Seorang anjing yng bertualang dengan orang baik akan berakal budi."
(Peribahasa Arab)


"RUMUS hubungan baik : Anggap semua kekacauan sebagai ujian, tapi jangan anggap ujian seolah-olah hal yang mengacaukan."
(Quentin Crisp)


"JANGAN pernah melupakan kawan lama, sebab kawan baru tak ada sebanding dengannya."
(Apocrypha)


"HIDUP itu lucu. Kalau kita menolak menerima sesuatu, maka ia akan sering mendatangi."
(W. Somerset Maugham)




ARS PERSONAL WEBLOG v4.0
ARS Yahoo! Messenger: golden_pen007
hits
Tamu Online :
Anda adalah tamu ke : sejak 20 Juni 2005

Blogdrive - Free Blog Site
 
Copyright © ARS Creations, 2004-
Made in Djogja, Rajab 1426 H / August 2005 M.