DepanProfilKontak
arrow ruangpengendali
spacer kodeadmin
spacer
spacer katakunci
spacer
spacer lupakatakunci
spacer daftarbaru

Album Arsip Desain Donlot Produk Profil Kontak




ALLAH, ALLOH Atau 4JJ1?

Masih menyambung dengan pembahasan sebelumnya, kali ini saya coba menyoroti fenomena penggunaan kata ALLAH, ALLOH dan 4JJ1.

Ada sebagian kalangan yang menolak bahkan hingga melarang menggunakan karakter 4JJ1 untuk mewakili penulisan asma الله. Alasannya, hal itu sama saja dengan mengandung unsur penghinaan dan tidak dapat disamakan dengan karakter الله.

Biasanya, hal ini --lagi-lagi-- terjadi dan beredar luas dalam dunia virtual digital yang tentunya memiliki keterbatasan dimensi. Sehingga apa yang ada di dalamnya dapat dipastikan tidak selalu memiliki kesamaan bentuk dengan apa yang ada di dalam dunia nyata tempat kita hidup saat ini.

Yuk, kita coba telaah dan analisa bersama, semoga dengan ini "kekakuan" yang telah terbentuk bisa sedikit mendapat "pencerahan".

Pertama, MASALAH KEMIRIPAN.

Jika ada golongan yang menolak penggunaan karakter 4JJ1 dengan alasan tidak memiliki kemiripan sama sekali dengan lafadz aslinya, saya memiliki 2 pandangan untuk mereka.

  1. Kurangnya jam terbang dalam dunia SMS.
  2. Seperti yang sudah saya singgung pada pembahasan sebelumnya, bahwa  SMS adalah dunia yang penuh dengan bahasa "planet", berwujud singkatan-singkatan atau icon smiley. Sehingga sangat wajar bagi mereka yang baru bergabung dalam dunia ini akan banyak mengerutkan dahi membaca pesan-pesan yang tak jarang amat sangat padat dengan bermacam karakter anehnya.

    Jadi, untuk memahami seluruh karakter yang ada harus didukung dengan pengalaman dan juga pengetahuan untuk hal itu. Sebab, di dunia macam ini tidak selamanya suatu huruf/angka itu dibaca apa adanya setelah digabungkan dengan karakter lain.

  3. Pola pikir yang terlalu sempit.
  4. Tidak selamanya orang yang sudah cukup mengerti dan "memaklumi" penggunaan bahasa SMS mau menerima, hal ini disebabkan semata-mata karena pola pikir yang terlalu sempit.

Jika dikaitkan dengan segi kemiripan, maka seperti kata saya di atas, "Dalam dunia SMS tidak selamanya suatu huruf/angka itu dibaca apa adanya." Sehingga, jika ingin berkata jujur seharusnya dibaca sebagai berikut:

Angka 4 - Mewakili huruf ـه (ha)
Huruf J - Mewakili huruf ل (lam)
Angka 1 - Mewakili huruf ا (alif)

4JJ1 <-> الله
(apa benar tidak memiliki kemiripan??)

Kedua, DITULIS HARUS SESUAI LAFADZNYA.

Jika yang dimaksud adalah harus benar-benar pas sesuai dengan الله dan tidak sekedar 4JJ1, maka yang perlu saya pertanyakan disini adalah media apa yang dipergunakan?

Jika dalam bentuk tulisan di atas kertas tentu mudah saja hal itu dilakukan. Namun bagaimana jika menggunakan SMS? Apakah semua merk ponsel mendukung karakter ini? Barangkali ponsel mahal anda bisa dengan mudah menulis karakter ini, tapi begitu dikirim ke ponsel teman anda yang hanya seharga 200-300 ribu belum tentu dapat terbaca dengan baik disana, malahan bisa bikin hang.

Setidaknya menurut saya penggunaan karakter 4JJ1 dapat menjadi alternatif karena dapat diterima di semua merk ponsel yang mendukung SMS, walau memang terkadang bentuknya tidak terlalu sempurna. Hal ini semata-mata lebih dikarenakan perbedaan kualitas ponsel yang bersangkutan.

Ketiga, AMMBIGUITAS ALLAH DAN ALLOH

Tidak fair jika hanya "menggugat" penggunaan kata 4JJ1 sementara kebiasaan menulis lafadz الله dalam bentuk latin berupa "ALLAH" masih terus dipertahankan.

Mengapa?

Sebab jika ingin berbicara masalah kerentanan penulisan "ALLAH" inilah yang justru menurut saya lebih rentan. Pasalnya, kata "ALLAH" dapat dibaca sesuai huruf-huruf aslinya (A - L - L - A - H) yang berarti tuhan yang lain itu dan bukan sesuai makhroj/pengucapan aslinya "ALLOH" (A - L - L - O -H), Robbul Izzati.

Contoh:
Allah telah memerintahkanmu  untuk menebarkan kedamaian di dunia.
-> Siapa "Allah" yang dimaksud disini? Kalau ada embel-embel 'kedamaian', jika yang membaca non-muslim maka bisa saja bagi ditafsirkan sebagai tuhan mereka, lantaran istilah "damai" seolah sudah menjadi trade mark agama mereka (terlepas dari kenyataan yang sesungguhnya). Namun, bukankah Islam sesungguhnya juga diturunkan untuk menebarkan kedamaian dan bukannya permusuhan?

Jadi hemat saya, jika ingin lebih save hendaknya mulai sekarang bagi anda sobat muslim tinggalkanlah kebiasaan menulis lafadz الله dengan "ALLAH".

Apa susahnya mengganti satu huruf saja dengan "ALLOH" yang akan menjadi pembeda (Al Furqon)? Lagipula jika ditinjau dari segi tulisan ataupun pengucapannya akan lebih pas rasanya dan tidak menimbulkan ambiguitas.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Allohu'alam bish showab.


Djogja, Thursday, February 02, 2006 | @ 03:33 pm
12 Maret 2008
Sedang mempersiapkan diri untuk pindah rumah maya... mohon do'anya ^_^

Nama :
Blog   :
Pesan :
:) :( :D :p :(( :)) :x

"KITA jarang untuk bersedekah, padahal harta itulah yang akan menolong kita kelak. Kita jarang untuk berbuat baik, padahal kita sama-sama tahu akan ada imbalan dari-Nya nanti. Kita jarang menolong teman dan tetangga dekat, padahal merekalah yang bisa kita minta bantuannya di kala susah."
(Irfan Toni Herlambang)


"MASALAH kebanyakan orang adalah bahwa mereka berpikir dengan harapan atau rasa takut atau keinginan mereka, ketimbang dengan pemikiran mereka."
(Will Durrent)


"SEORANG idealis percaya bahwa jangka pendek tak patut diperhitungkan. Seorang sinis percaya bahwa jangka panjang tak berarti apa-apa. Seorang realis percaya bahwa apa yang dilakukan atau tak dilakukan dalam jangan pendek akan menentukan jangka panjang."
(Sydney J. Harris)


"KEBAHAGIAAN bukanlah sesuatu yang kau alami, tapi sesuatu yang kau kenang."
(Oscar Levant)


"LEBIH baik menangis dengan orang-orang bijak daripada tertawa dengan orang-orang yang bodoh."
(Peribahasa Spanyol)


"KATAKANLAH kepada saya tentang sahabat anda, dan akan saya katakan siapa anda sebenarnya."
(Cervantes)


"ORANG bijak yang berkarib dengan orang jahat akan menjadi bodoh. Seorang anjing yng bertualang dengan orang baik akan berakal budi."
(Peribahasa Arab)


"RUMUS hubungan baik : Anggap semua kekacauan sebagai ujian, tapi jangan anggap ujian seolah-olah hal yang mengacaukan."
(Quentin Crisp)


"JANGAN pernah melupakan kawan lama, sebab kawan baru tak ada sebanding dengannya."
(Apocrypha)


"HIDUP itu lucu. Kalau kita menolak menerima sesuatu, maka ia akan sering mendatangi."
(W. Somerset Maugham)




ARS PERSONAL WEBLOG v4.0
ARS Yahoo! Messenger: golden_pen007
hits
Tamu Online :
Anda adalah tamu ke : sejak 20 Juni 2005

Blogdrive - Free Blog Site
 
Copyright © ARS Creations, 2004-
Made in Djogja, Rajab 1426 H / August 2005 M.