DepanProfilKontak
arrow ruangpengendali
spacer kodeadmin
spacer
spacer katakunci
spacer
spacer lupakatakunci
spacer daftarbaru

Album Arsip Desain Donlot Produk Profil Kontak




Cinta pada Kedua Orang Tua

Cinta kepada kedua orang tua Ibu-Bapak memiliki tempat yang begitu agung setelah cinta kepada Alloh dan Rosul-Nya. Bahkan, bentuk kecintaan kita kepada keduanya tetap bisa diwujudkan walaupun mereka telah tiada dengan cara mendo'akan mereka. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallohu 'anhu:

"Apabila mati anak Adam, maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga macam amalan, yaitu shadaqah yang mengalir terus menerus, ilmu yang bermanfaat yang diamalkan, dan anak sholeh yang selalu mendoakan baik kedua orang tuanya."
(HR. Muslim)

Arti penting mencintai kedua orang tua kita melebihi yang lainnya setelah Alloh dan Rosul-Nya, tak lain karena hanya dengan kasih sayang merekalah kita masih dapat merasakan indahnya dunia ini. Terlebih seorang ibu yang telah mengandung kita dengan susah payah di rahimnya. Hingga tiba waktu melahirkan yang taruhannya antara hidup dan mati. Bahkan dalam waktu dua tahun rela membagi makanannya dengan kita lewat ASI-nya.

Seorang ayah juga tak kalah penting memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Beliau telah bersusah payah mencari rezeki untuk menafkahi keluarganya. Tak peduli siang-malam, panas-hujan, sehat maupun sakit, semua itu dijalaninya dengan ikhlas demi keluarga yang dicintainya.

Maka, setelah kita dewasa sudahkah kita mengatakan cinta kepada mereka? Jangan sampai ada perkataan atau perbuatan yang justru menyakiti perasaan mereka. Sudah seyogyanya kita harus senantiasa membahagiakan mereka. Tak ada kebahagiaan yang diinginkan orang tua dari anaknya selain melihat sang anak berakhlaq mulia.

"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu-bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu."
(QS. Luqman, 031 : 013)

Anak yang berakhlaq mulia ibarat mutiara di tengah gurun. Menjadi embun penyejuk mata. Kewajiban seorang anak antara lain senantiasa bersikap lemah lembut kepada keduanya hingga keduanya udzur.

"Dan Tuhanmu memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "Ah!" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."
(QS. Al Israa' 017 : 023)

Kecuali jika kedua orang tua kita mengajak kepada kemusyrikan, menyekutukan Alloh subhanahu wa ta'ala, sebagai seorang muslim harus memiliki sikap tegas. Namun untuk urusan selain kemusyrikan kita harus tetap menjaga keduanya dengan baik.

"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada sepengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku lah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."
(QS. Luqman 031 : 015)

Wallohu'alam bish showab.


Djogja, Monday, February 21, 2005 | @ 04:04 am
12 Maret 2008
Sedang mempersiapkan diri untuk pindah rumah maya... mohon do'anya ^_^

Nama :
Blog   :
Pesan :
:) :( :D :p :(( :)) :x

"KITA jarang untuk bersedekah, padahal harta itulah yang akan menolong kita kelak. Kita jarang untuk berbuat baik, padahal kita sama-sama tahu akan ada imbalan dari-Nya nanti. Kita jarang menolong teman dan tetangga dekat, padahal merekalah yang bisa kita minta bantuannya di kala susah."
(Irfan Toni Herlambang)


"MASALAH kebanyakan orang adalah bahwa mereka berpikir dengan harapan atau rasa takut atau keinginan mereka, ketimbang dengan pemikiran mereka."
(Will Durrent)


"SEORANG idealis percaya bahwa jangka pendek tak patut diperhitungkan. Seorang sinis percaya bahwa jangka panjang tak berarti apa-apa. Seorang realis percaya bahwa apa yang dilakukan atau tak dilakukan dalam jangan pendek akan menentukan jangka panjang."
(Sydney J. Harris)


"KEBAHAGIAAN bukanlah sesuatu yang kau alami, tapi sesuatu yang kau kenang."
(Oscar Levant)


"LEBIH baik menangis dengan orang-orang bijak daripada tertawa dengan orang-orang yang bodoh."
(Peribahasa Spanyol)


"KATAKANLAH kepada saya tentang sahabat anda, dan akan saya katakan siapa anda sebenarnya."
(Cervantes)


"ORANG bijak yang berkarib dengan orang jahat akan menjadi bodoh. Seorang anjing yng bertualang dengan orang baik akan berakal budi."
(Peribahasa Arab)


"RUMUS hubungan baik : Anggap semua kekacauan sebagai ujian, tapi jangan anggap ujian seolah-olah hal yang mengacaukan."
(Quentin Crisp)


"JANGAN pernah melupakan kawan lama, sebab kawan baru tak ada sebanding dengannya."
(Apocrypha)


"HIDUP itu lucu. Kalau kita menolak menerima sesuatu, maka ia akan sering mendatangi."
(W. Somerset Maugham)




ARS PERSONAL WEBLOG v4.0
ARS Yahoo! Messenger: golden_pen007
hits
Tamu Online :
Anda adalah tamu ke : sejak 20 Juni 2005

Blogdrive - Free Blog Site
 
Copyright © ARS Creations, 2004-
Made in Djogja, Rajab 1426 H / August 2005 M.